Rabu, September 30, 2009

METODE ANDRAGOGI” VS “PEDAGOGy”


TRAINING OF FASILITATOR

16-17 September 2009.

John D’ Angels

Malcom Knowles Para kritikus Andragogi & paedagogi

Dan Suganda

Wha is it? Menurut O Neal :

Andragogi ?

· Yaitu pendidikan untuk orang dewasa, siswa adalah subyek penndidikan.

· Guru tidak mendominasi dalam forum (berperan sebagai fasilitator)

· Sistem belajar dibuat kesepakatan.

· Menginginkan peranan aktif dari peserta didik.

4 hal pokok dalam kontrak belajar:

· Idealitas pelatihan

· Hal yang harus dilakukan

· Hal yang tidak boleh dilakukan

· Sanksi pelanggaran

PAEDAGOGI

Sistem belajar anak-anak.

Yaitu:

· Siswa berlaku sebagai objek

· Guru mendominasi forum

· Sistem belajar tidak berupa kesepakatan

VARIAN2 :

ANDRAGOGI

Liberalisme

Liberalisme sosialisme

Radikalisme

Merombak sistem sosial

Tujuan: Mengajari siswa memecahkan persoalan sehari2 secara efektif

Merombak sistem pendidikan

Tujuan : membebaskan individu

Meniadakan sekolah. Sekolah merupakan sarang pembodohan

Sekolah harus diminimalisir

PEDAGOGI

Fundamentalisme

Intelektualisme

Konservatif

Memegang kukuh kebenaran

Wahyu/ konsensus nasional

(wahyu)

Mendasarkan diri pada teks-teks yang telah mapan, tidak menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Mendasarkan diri pada nilai-nilai pengetahuan yang telah mapan (Tekhnologi/ IPTEK)

Ketaatan pada lembaga/ konsep budaya yang dibbarengi dengan rasa horrmat..

JOHN D’ ANGELS

SELF CONCEPT (KONSEP DIRI)


TEACHING LEARNING

G M G M

EXPERIENCE


PENGARAHAN PENGALAMAN

READNESS TO LEARN


RENTETAN BELAJAR Telah mengalami rentetan belajar

SESUAI UMUR

(dikelompokkan sesuai minat)

Ilmu Mauhiba yaitu Ilmu Ladunni. Pada Imam Syafi’i.

Paedagogi lebih tepat uuntuk anak-anak.

MALCOLM KNOWLES

PEDAGOGI

ANDRAGOGY

SISWA

Tergantung guru

Mandiri

PERAN

Guru dominan

Siswa Aktif

Guru dan siswa aktif

ORIENTASI

Matteri pelajaran harus ditentukan dulu

Materinya merupakan kebutuhan riil siswa

MOTIVASI BELAJAR

dipaksa

Kesadaran sendiri

DAN SUGANDA: Beliau lebih fokus dalam metode andragogi

Ajak partisipasi aktif

Narasi diskusi bervariasi

Demokratis

Role playing

Awasi secara longgar

Gabungkan dalam kelompok minat

Orientasikan roda pengalaman dan praktek

Gerakan semangat dengan sabar

Irama penyajian sesuuai kondisi

Tehnik andragogi menurut DAN SUGANDA :

1. Tanya Jawab

2. Diskusi

3. Umpan Balik

4. Sosio Drama

5. Analisa kasus

KELEMAHAN DAN KELEBIHAN MASING2

PAEDAGOGI

Kelebihan:

1. Menjaga matarantai keilmuan (mutawatir)

Kelemahan:

· Siswa menjadi pasif

· Masa lalu dinilai sebagai kebenaran mutlak

· Perbedaan sebagai ancaman

ANDRAGOGI

Kelebihan : Memberikan kebebasan mengembangkan potensi

Kelemahan : Membingungkan siswa dalam memilih mana yang baik dan mana yang sesat.

3 comment:

ezi mengatakan...

yepz...baguzz!! analisa sbwh metode belajar,..
pertanyaannya,..
lebih ideal manakah antara keduanya dlm penerapan metode pendidikan??
di satu sisi lebih mengedepankan peran serta (partisipatory) pesertanya sebagai subyek, bukan sebagai obyek yang harus diceramahi,..
di lain hal, disini kita juga dituntut untuk tetap menjaga mata rantai keilmuan sebagai warisan para pendahulu sebagai sebuah konsep belajar ..thnx be4..

ezi mengatakan...

yepz...baguzz!!
sebuah analisa metode belajar,..
satu sisi, metode pendidikan yang mencoba mengedepankan pendekatan peran serta (partisipatory) pesertanya sebagai subyek,yang diharapkan keterlibatannya secara penuh dalam proses pendidikan.
di lain hal, kita pun dituntut untuk bisa tetap menjaga dan melestarikan sebuah warisan budaya leluhur dalam konsep belajar,..
telah disebut beberapa kelemahan dn kelebihan masing2 metode,..
pertanyaannya...
lebih ideal manakah metode pendidikan dalam penerapannya jika disesuaikan dengan kondisi masyarakat Indonesia yg plural akan budaya,agama,ras,..de'el'el dn masih kurangnya kesadaran dan pemahaman akan pentingnya pendidikan..?? thnx be4

Hendri Unduh N mengatakan...

owner of blog say: benar apa analisa saudari. Dalam sebuah pendidikan untuk menanamkan jiwa keberagamaan / pondasi hidup dengan PEDAGOGY.setelah kita nilai anak memiliki kedewasaan yang cukup kita terapkan pendidikan ANDRAGOGY ini WAJIB. kenapa? bersumber dari definisi di atas dalam analisa kritis kita ambil kesimpulan bahwa dengan pedadogy pondasi hidup akan di dapat...setelah itu dengan andragogy seorang anak di upayakan untuk berpikir kritis tentang apa yang kita dapat dalam pedagogy.jadi dari sini kita bisa menerapkan konsep hadits: al-mukhafadhzhu 'ala qodimissholih al-akhdzu bil jadid al-aslah.

Posting Komentar