Senin, Oktober 26, 2009

Indonesia adalah Negeri barat ?

Dalam kacamata geografi kita akan tercengah setelah mendengar, melihat dan bahkan membaca judul diatas tanpa pemikiran kritis- analitis dalam kontek kebebasan ( freedom reality) dan keterlepasan berpikir dalam koridor keimanan.

Paradigma ini, Secara goegrafis telah merekontruksi alur pikir kita serta pengakuan kita selama ini yang telah terdoktrinasi oleh mata pelajaran - mata pelajaran di bangku sekolah ( bukan bangku kuliah ) dengan statement bahwa negara barat itu seperti amerika dan negara-negara di benua eropa. Dan Indonesia, Malaysia serta neara-negara yang berada di bagian kawasan benua Asia mendapat predikat Negara timur. Bukankah seperti itu?

Memang sekilas kita dengar, awal mula terasa asing dan ada perlakuan sentimen-diskriminatif yang membuat pengelompokan dan klarifikasi-klarifikasi dalam kehidupan bernegara. Hal ini secara tidak langsung merupakan bagian dari buah hasil perang dingin di antaraUnisovyet dan Amerika Serikat yang di jadikan embrio utama lahirnya geng-geng dalam bernegara. Sehingga jika kita melihat dan berkaca diri ( Baca : memandang Indonesia ) sampai-sampainya menyatakan gerakan nono blok dan bebas aktif ( baca : GNB ) yang dimotori oleh perang dingin.

Karena kita sering di cekoki ( doktrinasi ) oleh guru kita dengan prepektif diatas. So, tidak salah kita saat itu menyatakan pernyataan di atas tanpa kritis-analitis dalam kontek tidak apriori-eforia. Sehingga daya kreatif kita, terbelenggu dan terkubur dalam-dalam di alam bawah sadar kita sehingga malu dan sulit untuk mengekplorasi kembali sebuah pemikiran.


Dalam sebuah penelusuran jejak pemikiran statement diatas salah total dan salah kaprah. Mengapa ? Dalam perpektif geografis, Sekarang saudara perhatikan dimana kita berdiri dan perhatikan apa saja yang dibarat kita dalam artian negara sebelah barat dari kita. Serta lakukan hal yang sama di negara yang baru anda sebutkan. Atau lihat peta dan globe kemudian simpulkan pemikiran anda tanpa berpikir subyektif-ideologi pribadi semata. Maka kesimpulanya Indonesia lebih barat dari negeri barat ? Bukankah seperti itu. So, tidak ada salahnya jika orang-orang amerika menyebutkan sebaliknya bahwa Indonesia itu negara barat dan Amerika itu negara timur. Hal ini sah-sah saja untuk di ucapkan dan di masukan dalam dinamika kontemporisasi pemikiran kita, yang telah terdoktrinasi dalam pemikiran-pemikiran kurang di pertanggung jawabkan baik secara argumentatif-rasionalistis. Sehingga kita hanya bertaklid buta dalam kasus ini.


Selanjutnya baca :

Indonesi lebih barat dari negara barat ?

Negara Barat pusat peradaban kejayaan islam ?

0 comment:

Posting Komentar