Kamis, Oktober 01, 2009

Membincangkan kaderisasi



Abstarksi
Terbentuknya pribadi muslim yang bertaqwa kwpada alloh SWT, berbudi Luhur, berilmu, cakap dan tanggung jawab mengamalkan ilmunya dan berkomitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia ( Tujuan PMII, Pasal 4 AD/ART )
Keyword : Bertaqwa, berbudi luhur, berilmu, cakap, bertanggung jawab, mengamalkan ilmunya, komitmen NKRI.

A.PROLOG
Sepanjang sejarah dunia, bangsa manapun maupun keyakinan, selalu ada orang-orang unggul yang membimbing atau memimpin masyarakatnya kearah yang lebih beradab, lebih manusiawi, dan lebih maju secara social budaya dan ekonomi. Ada dari mereka yang tercatat dalam halaman –halamn buku sejarah, yang lain tersebut dalam cerita lisan dan ada pula yang bahkan tidak diingat-diketahui oleh siapapun. Di bangsa, keyakinan atau agama mereka masing-masing. Mereka itu adalah Kader.
Diantara, mereka ada yang menjadi tokoh utama, tokoh kedua, tokoh ketiga dan seterusnya. Namun pasti, kader–kader itu mewakili sebuah keyakinan bahwa tugas manusia untuk mendorong atau menarik masyarakat dan bangsanya untuk menuju kea rah yang lebih maju dan beradab. Bukan hanya keyakinan tujuanya akan tetapi juga bergerak malakukan sesuatu bukan asal melakukan tetapi juga berdasarkan pada pengetahuan dan keawasan membaca situasi zaman. Mereka melakukan sesuatu dengan sebuah keyakinan, pengetahuan dan ketrampilan yang handal.

PMII adalah salah satunya lingkungan, sebuah lingkungan kecil. Lingkungan lebih besar yang melahirkanya adalah NU. Dan menjadi tempat lebih besar untuk hidup, tidurnya adalah masyarakat dan bangsa Indonesia. Dari semesta pengetahuan yang direngguk PMII mengenai situasi dunia, situasi bangsa dan daerah, tidak berlebihan apabila PMII bertekad mengadakan, memajukan dan memenangkan bangsanya.


B. SISTEM KADERISASI
Pada kesempatan kali ini, penulis bermaksud membedah kaderisasi pada level MAPABA, sesuai dengan undangan penulis terima untuk membahas tema sharing materi MAPABA. Mapaba adalah masa penerimaan Anggota Baru adalah fase orientasi dan pengenalan ala PMII kepada mahasiswa dalam rangka rekruitmen mahasiswa untuk menjadi anggota PMII. Tujuanya adalah marekrut anggota:
Anggota pasca MAPABA disebut Mu’takid yakni anggota yang :
1. Merasa butuh organisasi
2. Memiliki keyakinan dan loyalitas bahwa PMII adalah organisasi mahasiswa dan organisasi mahasiswa islam yang tepat untuk memperjuangkan idealisme mahasisawa.
3. Mengikuti Ahlusunnah wal Jama’ah sebagai prinsip pemahaman. Pengamalan dan penghayatan islam Indonesia.
Penyelenggaraan
Di selenggaraknan oleh pengurus rayon atau pengurus komisariat melalui bidang pengkaderan
Surat keputusan Keanggotaan
Surat keputusan ( SK) keanggotaan adalah surat resmi yang resmi di tanda tangani dan di keluarkan oleh Pengurus komisariat untuk melegalisasi status ke anggotaan di baiat menjadi anggota PMII.
Model pendekatanya
Adapun model pendekatan yang digunakan adalah:
• Doktrinasi yaitu pemahaman serta pembekalan keyakinan dan faham PMII
• Persuasi yaitu pendekatan positif untuk menyakinkan dan menarik minat lebih banyak anggota baru.







KURIKULUM MAPABA
NO MATERI SIFAT ALOKASI WAKTU
1 Bina suasana 90 Menit
2 Mahasiswa dan tanggung jawab social Wajib 120 Menit
3 Keorganisasian PMII Wajib 120 Menit
4 Nilai-nilai dasar pergerakan Wajib 120 Menit
5 Aswaja dan islam Indonesia Wajib 120 Menit
6 Study gender Wajib 120 Menit
7 Sejarah Negara bangsa Indonesia Wajib 120 Menit
8 Sejarah perencanaan pembangunan Indonesia Pilihan 120 Menit
9 Antropolgi kampus Pilihan 120 Menit
10 Sejarah PMII local kebumen Pilihan 120 Menit
11 Kajian disiplin Ilmu Pilihan 120 Menit
12 RTL/ General review Pilihan 120 Menit
13 Evaluasi 90 Menit

Pembaiatan Anggota

Ikrar Untuk bergabung untuks setia dan loyal terhadap PMII. Pelaksanaanya dilakukan pada saat sesi terakhir.

Follow up
Serangkain kegiatan yang dilakukan bagi anggota baru untuk membimbing, mengarahkan cara berorganisasi dan untuk memperdalam nilai-nilai dasar pergerakan PMII.
Adapun kegiatan wajib yang adalah meliputi kursus bahas asing, kursus EPISTEMOLOGI, training manajemen forum. Kursus bahasa inggris saat ini mendesak untuk dipenuhi dan kursus untuk mengkaji dan memperkaya wawasan anggota baru mengenasi struktur pengetahuan pada pola pikir dan pola sikap, dan manajemen forum adalah pelatihan untuk anggota baru bagaimana mengelola forum, rapat, diskusi, tekhnik dan partisipasinya. Wallohu a’lam bissowab!!!

2 comment:

Posting Komentar